Selamat Jalan Bpk. G.L.K Meng

http://inswa.or.id/wp-content/uploads/2013/09/DSC_0926.jpg

Pada tanggal 15 Agustus 2013 saat kita tengah mempersiapkan untuk memperingati Hari kemerdekaan RI, bersama itu pula salah satu pendiri Indonesia Solid Waste Asociation (InSWA) yang juga menjabat sebagai Bendahara umum, Bapak Goei Lie Kaw Meng telah meninggalkan kita untuk selama-lamanya.

Bapak Goei Lie Kaw Meng terlahir di kota Medan-Sumatera Utara 54 tahun yang silam, tepatnya pada tanggal 17 Februari 1959. Selain di InSWA almarhum juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Pusat Pengembangan Riset Sampah Indonesia (PERISAI) dan Indonesia Waste Forum (IWF) dan aktivis di Yayasan Buddha Tzu Chi yang memilih bagian Daur Ulang, hal ini dilakukan karena keinginan dan kepedulian Beliau akan lingkungan yang begitu kuat. Kebiasaan Bapak Goei Lie Kaw Meng dalam mengatasi permasalahan lingkungan juga diterapkan dalam kehidupan kesehariannya di kantor yang Beliau pimpin dan tidak henti-hentinya mempengaruhi dan menganjurkan kepada teman-teman, kerabat dan orang-orang di sekitarnya untuk terus peduli terhadap lingkungan. Bahkan beliau melayani penerimaan material daur ulang untuk dikelola di Tempat Daur Ulang Mangga Dua Square.

Bapak Goei Lie Kaw Meng juga mengaplikasikan ide-idenya melalui kerjasama dengan pihak penelitian seperti BPPT, LIPI dan MEPPO-BPPT dalam pengembangan produk di perusahaan yang dipimpinnya yaitu PT Saptakrida Karyamas. Dengan berlandaskan pemahaman akan pentingnya pelestarian lingkungan, maka kerjasama telah dilangsungkan pada tahun 2011 untuk mengembangkan generator (pembangkit listrik) yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan suara bising.

Pada tanggal 28 Oktober 2003, Bapak Goei Lie Kaw Meng bersama dengan rekan-rekannya yang memiliki semangat yang sama yaitu Ibu Sri Bebassari dan Bp. Soly Desely mendirikan Asosiasi Persampahan Indonesia (InSWA) sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang lingkungan khususnya persampahan dengan tujuan untuk dapat bersama-sama saling membantu dengan pihak-pihak terkait permasalahan persampahan sehingga manfaat sosio-lingkungan-nya dapat menjangkau lebih banyak orang. Selain itu Bapak Goei Lie Kaw Meng juga membangun kerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah untuk bersama-sama menggodok permasalahan lingkungan menjadi perhatian bersama demi masa depan lingkungan masyarakat luas yang lebih bersih sehat dan nyaman. Dengan memperhatikan aspek-aspek hukum, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Indonesia, Bapak Goei Lie Kaw Meng juga berkiprah di berbagai kegiatan seminar dan program yang berkaitan dengan lingkungan dan terjun langsung membantu di berbagai kegiatan aksi sosial di bidang lingkungan.

Kami, atas nama keluarga besar InSWA turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga amal bakti beliau semasa hidupnya diterima Tuhan yang maha esa

“Selamat jalan Pak Meng…, kami takkan pernah melupakanmu dan tetap semangat melanjutkan perjuanganmu untuk lingkungan yang lebih baik”

http://inswa.or.id/wp-content/uploads/2013/09/foto-2.jpg