Sampah Ancam Surganya Burung di Jakarta

Jumat, 01/03/2013 13:42 WIB

Ari Saputra – detikNews

Foto: Ari Saputra/detikcom

Jakarta – Pulau Rambut yang berada di Kepulauan Seribu, Jakarta, sudah dikenal sebagai surganya para burung. Setiap tahun, ribuan burung dari berbagai jenis singgah di pulau ini. Mereka migrasi dari belahan selatan khatulistiwa ke utara dan sebaliknya. Sayang, pulau yang masih dijaga keasliannya tersebut mulai terancam sampah.

“Kita lihat sampah plastik dan barang-barang dari super market di Jakarta sudah mulai banyak di pantai. Ini perlu diperhatikan untuk keaslian pulau ini,” kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan saat meninjau Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Jumat (1/3/2013).

Zulkifli Hasan meninjau pulau seluas 45 hektar Jumat pagi dari Pantai Marina Ancol. Dia menyewa kapal untuk menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Zulkifli hendak memastikan keaslian pulau tersebut bagi kelestarian burung. “Ini harus dijaga. Tidak boleh sembarangan orang ke sini. Bisa-bisa kabur burung itu,” tandasnya.

Zulkiflli juga menyempatkan naik ke menara pengawas setinggi 20 meter di tengah pulau. Lalu, ia meneropong ke kejauhan dan menikmati ribuan burung bertengger di pohon.

“Kawasan ini harus dijaga. Dibuka untuk wisawatan edukasi seperti peneliti atau anak sekolah. Kalau hanya untuk rekreasi sih tidak,” ucap Zulkifli yang menghabiskan waktu sekitar 30 menit di pulau tersebut dan kemudian kembali ke Ancol. (Ari/nrl)